Senin, 22 Agustus 2011

Alumunium versus Besi


Pengelasan Aluminium ke Besi

20AGU
Pengelasan antara dua logam yang berbeda ini yaitu alumunium dan besi dengan menggunakan proses las busur listrik tidak dapat menghasilkan sambungan yang baik. ini disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut :
  1. Perbedaan titik lebur yang terlalu besar antara besi dan alumunium. perbedaan ini diperburuk lagi oleh perbedaan pada specific heat, suhu fusi, konduktifitas thermalnya dan lain lain.
  2. Tingkat wet-ability alumunium atas baja tidak baik.
  3. Besi yang larut dalam aluminium menyebabkan penggetasan (embrittlement) dengan terbentuknya fase FeAL3. demikian pula paduan AlNi menghasilkan fase antar metal dengan sifat yang kurang baik.
Oleh karena itu pengelasan dua metal berbeda ini menggunakan keping antara (intermidiate piece) yang terdiri dari dua jenis material (bimetal) bahkan kadang2 tiga metal (trimetal) yang disebut insert dan diletakkan diantara aluminium dan paduan Ni atau paduan Fe.

Pengelasan kemudian dilaksanakan dengan menggunakan bahan las yang sesuai dengan kombinasi material yang telah ditentukan.
untuk pengelasan besi dgn Al-bronze dilakukan pelapisan buttering disebelah sisi besi dengan bahan las pengisi Al-bronze ERCuAl-A1 (dgn proses GTAW) kemudian dilas kembali dengan material insert (Al-Bronze) dengan menggunakan bahan las pengisi El-AlSi12 (dgn proses SMAW), begitu pula ketika menyambung Al dengan Al-Bronze dengan bahan las pengisi El-AlSi12.
untuk lebih jelasnya lihat ilustrasi gambar di bawah ini :
semoga bermanfaat
from : Blognya Ery Hartoyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar