Rabu, 17 April 2019

Vernier caliper vs welding gauge





Vernier caliper vs welding gauge

By :

Muhammad Irsyad Junaedi

     Untuk mengukur dimensi las lasan pada dasarnya bisa mengunakan vernier caliper namun tidak semua dimensi las dapat diukur menggunakan vernier caliper seperti throat, undercut dsb. Oleh karena itu muncul alat ukur yang dinamakan welding gauge.

      Meski dapat digunakan untuk mengukur dimensi las lasan seperti leg size dan weld reinforcement , vernier caliper  memiliki keterbatasan yang mana tidak bisa menjangkau dimensi dimensi yang dimaksud oleh drawing. Oleh karena itu diciptakan lah apa yang dinamakan welding gauge.  Welding gauge adalah alat specific yang bisa digunakan untuk mengukur dimensi las lasan dengan posisi yang sulit dijangkau seperti undercut, misalignment, excessive penetration, throat, leg size, dan lain lain.

     Pertanyaan nya apakah welding gauge bias dibuat sendiri ?. jawabanya bisa, tapi apakah bisa dijamin kepresisian nya?. Belum tentu.  Jadi bagaimana cara menjamin kepresisian nya ?. Untuk dapat menjamin kepresisian dari suatu alat ukur di perlukan suatu alat ukur yang tingkat kepresisian nya diatas alat ukur yang dibuat yang dinamakan kalibrator.

     Dimana kita bisa mendapatkan kalibrator?. Pada umumnya kalibrator tidak dijual secara bebas alias hanya manufacture alat ukur itu sendiri yang memiliki kalibrator.

    Saya pribadi pernah mencoba mendesign welding gaugemenggunakan bantuan software catia, kemudian alat ukur itu di wujudkan dengan bantuan mesin CMS. Hasilnya ? bisa dikatakan sesuai dengan yang saya harapkan tentunya. Tp ketika akan di kalibrasi di metrology, mereka justru bertanya apakah ada standar acuan nya?. Mungkin yang mereka maksud adalah kalibratornya. Kalo tidak ada mereka tidak bisa menjamin kepresisian dari alat ukur tersebut  apakah masih dalam batas toleransi. Tetapi mereka hanya bisa menyajikan data actual hasil pengukuran menggunakan profile projector.

     Kesimpulan dari pembahasan ini adalah pemilihan alat ukur didasarkan kepada produk yang akan dibuat, apakah produk yang dibuat itu cukup menggunakan alat ukur dasar seperti vernier caliper atau memerlukan alat ukur khusus seperti welding gauge serta apakah barang yang dibuat itu memiliki tingkat kepresisian yang tinggi sehingga harus di check menggunakan micrometer (kepresisian 1/1000). Dan sejujurnya jika ada supplier yang dapat membuat alat ukur, lebih baik kita membeli dari pada membuat untuk menghemat  waktu, tenaga, material, mesin dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar